Sabtu, 21 Januari 2012

Membuat Sendiri Alat Setrum Ikan

Semoga keberkahan Selalu menyertai Kita Semua Amiin. Di postingan kali ini Saya akan membagikan pengalaman Saya tentang bagaimana caranya merakit Alat penyetrum ikan, Sebagai seorang tehnisi yang belum berpengalaman Saya adalah seorang yang ingin tau tentang alat -alat yang berhubungan dengan Elektronika, Salah satunya adalah Alat setrum ikan ini.

Alat ini pernah Saya buat pada tahun 2000 an yang informasi nya Saya dapatkan dari seorang teman Briker di era 97an, Melalui Pesawat 80 meteran data dan informasi yang Saya dapatkan memang sangat minim tapi Saya bertekad untuk bisa membuat alat ini,Saya mempunyai prinsip Orang lain bisa Saya pun harus bisa.

Dengan segala keterbatasan Saya mencoba untuk merakitnya , Akhirnya alat ini jadi juga, dan Saya coba pada kolam yang ketinggian airnya 1 meter alhasil si ikan pun menggelepar, Ikan gabus dengan ukuran betis kaki bisa Saya dapatkan..

Hasil perbandingan  dengan teman, Perangkat Saya keluaran output berkisar AC100 volt lebih, Sedangkan Perangkat teman  Saya hanya sampai AC 60 volt.

Oke teman Bloger di bawah ini adalah alat-alat yang di perlukan untuk pembuatan Alat Setrum Ikan
  • ACU 12 volt standar Motor
  • Kawat Email 7 ons ( 2 ons untuk Primer dan 5 ons untuk Skunder)
  • Kern Inti besi Lunak ( Bisa di buat dari lempengan plat besi ukuran 1,5 cm panjang 10 sampai 15 cm atau juga Bisa dengan menggunakan gergaji besi yang kecil 10 buah di potong 2 total 20 buah di tap yang rapat dengan Isolatip jangan sampai renggang)
  • Isolatip yang lebar dan tebal untuk pembungkus Gulungan
  • Condensor bekas motor yang masih bisa di gunakan 4 buah atau lebih
  • Platina  motor 1 buah
  • Kabel ukuran besar secukupnya 
  • Konek untuk penghubung Stick ke perangkat 4 buah
  • 5 lempeng papan atau triplex  secukupnya Untuk pembuata BOX
  • untuk Swit ON/OF bisa di buat sendiri dari plat besi
Gambar di bawah ini adalah Skema Alat Setrum Ikan


Untuk pembuatan Box bisa dengan Papan / triplek tebal ataupun Kokang minyak yang 5 liter yang bagian salah satu sisinya di kasih lobang tinggi sekitar 25 cm dan lebar 20 cm.

Gambar di bawah ini adalah sketsa Alat Setrum ikan




HARAP DI PERHATIKAN..! PEMASANGAN KONECK PADA BOX JANGAN DI TEMPEL LANGSUNG PADA BADAN BOX, BERI LAPISAN PENYEKAT DARI MIKA ATAU KARET


Selamat mencoba.!

9 komentar:

  1. bos, tu kwat email pake yg brapa mm ?? Trus buat primer & skunder brapa lapis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, Sorry banget betul ya ga ada ketnya, pake Aja yang o,9mm untuk primer, o,7mm untuk skunder bsa juga di samaratakan 0,7 atau 0,9 atau juga 1mm. Kalo ngga pake ukuran ons bisa di lilit dengan hitungan PerTap/lapis 3TAP/lapis untuk primer 6-9TAPlapis untuk skunder.untuk platina bsa menggunakan platina bkas motor atau mobil, di pasang langsung atau di modif terlebih dahulu.

      Hapus
  2. klo membuatnya menggunakan trafo 1 ampere bisa gak gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja cuma hasilnya tidak bisa untuk ikan ikan yang besar

      Hapus
  3. numpang nanyak brow itu gambarnya untuk output yang ke air kenapa di ikutkan swith on off batrey ( kog tidak langsung baypas ) .....?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah swit bisa saja di modif sesuai keinginan, gambar di atas hanya sekema sederhana, agar mudah di pahami. Walau sederhana sudah bisa untuk di rakit.

      Hapus

Komentar Saran dan Dukungan

Macam dan bentuk Goangan

Bebagai motif dan corak layang-layang Goangan