Jumat, 28 November 2014

Membuat Layang-layang Goangan dengan hiasan lampu

Kampung Begog Singarajan Pontang Serang BANTEN, Setiap pasca Panen Timuran kini suasana berganti oleh keramaian layang-layang Goangan yang banyak beterbangan pada malam maupun siang hari, khususnya Keramaian layang- layang di Kampung Saya banyak diterbangkan pada malam hari dengan hiasan lampu yang
berwarna warni dengan goyangannya yang aduhai melenggak lenggok di angkasa, dan ada juga dengan juga dengan disertai bunyi yang dihasilkan dari pita suara yang terpasang pada layang-layang, Kami menyebutnya dengan nama [Bapangan] pita surara, diwilayah lain menyebutnya [Sanderan bunyi] suara khas yang dihasilkan adalah Raungan bunyi dari pita suara yang terkena hembusan angin yang seirama dengan goyangan layang-layang Goangan, adapun keunikan atau kelebihan dari layang-layang yang Saya buat adalah adanya hiasan lampu pada layang-layang Goangan ini, dan juga mampu untuk terbang pada hembusan angin yang paling rendah khususnya pada malam hari bahkan sampai menjelang pagi, dari hiasan lampu yang beraneka warna tersebut Kita akan melihat seperti ribuan bintang yang kelap kelip melayang  mengitari gelapnya malam. Menambah indahnya jagat alam semesta mengiringi cahaya bulan Purnama.
Disini Saya akan memberikan gambaran dan cara membuat Layang-layang Goangan khas SERANG BANTEN sebagai cagar budaya warisan Nenek moyang.
Dari sekian bentuk yang beraneka ragam ukuran, besar dan kecil dari beberapa pengrajin Layang-layang goangan dengan kreasinya masing-masing.
Dan Saya sendiri menyukai keunikan layang-layang Goangan ini, dan Saya sudah membuat beberapa unit layang-layang yang Saya lengkapi dengan Hiasan lampu, sehingga bisa untuk diterbangkan pada malam hari.
Dikarenakan bentuknya yang unik dan khas serta indah, dan mungkin hanya ada ditempatku saja, dengan ciri khasnya yaitu ada pada bagian bawah bentangan sayapsayap dan kami menyebutnya dengan nama BUYUNG.
Dari beberapa bentuk dan ukuran yang berbeda Saya telah membuat satu ukuran yang simetris bentuk layang-layang yang menurut saya pas jika di bentuk menjadi satu Kerangka Layang-layang goangan
Pada perinsipnya layang-layang goangan  ini memerlukan satu keseimbangan yang akurat untuk dapat terbang, disini saya akan berbagi pengalaman dalam merakit ataupun membuat layang-layang goangan yang di hiasi Lampu LED warna warni.
Untuk petunjuk lengkapnya, silahkan lihat gambar dibawah ini, Ada beberapa bentuk dan motif serta cara perakitan pembuatan layang-layang Goangan.

Lanjuuuut... di simak baik-baik
"Semoga berhasil"
Terima kasih










Pemasangan Bapangan / Pteng (untuk pita suara)


Layang-layang Goangan Lebar Sayap 4 meter tinggi kurang lebih 3 meter


Di lihat dari belakang

Salah satu model corak Goangan ukuran 3 meter dengan bahan dari plastik



 Pemasangan Pita suara (PTENG)

Goangan siap untuk di terbangkan

contoh salah satu model Layang-layang Goangan yang sudah jadi










Disini Saya menguraikan dari satu bentuk ukuran layang-layang yang terdiri dar i

  1. Bentangan  Sayap
  2. Ekor atau Buyung
  3. Bapang (Sanderan untuk pita suara (PTENG)
  4. Tulang penyangga Sayap dan Ekor (Buyung )
 Di bawah ini Salah satu jenis Rangka Layang-layang goangan



Dan ini kurang lebihnya jika rangka tersebut di rakit dengan  menggunakan bahan dari plastik tipis dengan plat hitam juga dari bahan plastik tipis,Untuk bahan bisa menggunakan plastik atau kertas yang tipis dang juga ringan,  di sini Saya sudah terbiasa menggunakan dari bahan plastik tipis.


Petunjuk Pembuatan layang-layang goangan dengan bahan bahan sbb:
  • Bambu panjang 2 meter
  • Benang untuk perakitan Rangka di sini saya menggunakan benang nylon putih
  • lem Aibon
  • Bahan Pelastik tipis atau kertas secukupnya
  • Pisau
  • Lampu LED 3 buah 2warna kedip
  • Batery kapasitas 3 volt + resistor 5 ohm dan kapasitor 100uf 10 volt
  • Kabel kecil secuikupnya 
Gambar di bawah ini adalah ukuran bambu yang di perlukan untuk perakitan Layang-layang goangan



Cara pemasangan




Cara perakitan, Gambar di bawah ini adalah proses pembuatan  tahap demi tahap Perakitan Rangka layang-layang .

Setelah semuanya selesai kita akan memperoleh bentuk jadi yang kurang lebih seperti pada gambar di atas
dan langkah selanjutnya tinggal pemasangan bahan pelastik atau kertas yang tipis pada badan rangka layang-layang goangan tersebut, penempelan bisa menggunakan Lem aibon.

Untuk pemasangan Lampu LED  bisa di lakukan setelah semuanya beres dan layang-layang sudah bisa terbang khususnya pada malam hari , Setelah itu barulah Lampu baru bisa dipasang di sini Saya hanya memberikan contoh pasangan lampu LED 3 buah Saja, untuk selebihnya terserah Anda. Experiments yang sudah Saya coba pernah Saya pasang lampu sampai 25 buah dan hanya menggunakan satu Battery HP saja

Di bawah ini sekema cara pemasangan lampu LED, Segala sesuatunya harap di perhatikan jangan terburu-buru terima kasih.
















Pemasangan




    18 komentar:

    1. patut di coba nih....buat seru2an diwaktu liburan anak2, trims bos

      BalasHapus
    2. baterinya di ganti dinamo tape compo aja yg dikasih baling2 kecil n di pasang di punggung lyangan.output 1.5 v.dijamin dah semaleman nyala trus tuh lampunya..di banyuwang udahbnyk yg buat. Mantap gan.gak usanh ganti2 bateri

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih atas masukannya, di sini kami gunakan Batre Hp sudah mampu kuat untuk beberapa malam, dan kami mengutamakan beban yang seringan mungkin untuk layang-layang goang, karena layangan kami mampu bartahan sampai pada angin yang sekecil mungkin,dan mengapa demikian, karena di tempat kami sering di adakan perlombaan layang-layang. Dan lampu yang di gunakan minimal 3 sampa1 30 lampu led dengan berbagai warna.

        Hapus
    3. saya udah sering buat tapi sering ndak imbang karna slalu ganti bentuk saya tak nyoba persis milik anda boleh to

      BalasHapus
      Balasan
      1. Memang untuk layang-layang jenis ini susah-susah gampang, pembuatannya memakan waktu paling cepat 1/2 sampai 1 hari, Kalau untuk keseimbangan bisa di atur dari berat ringannya Kerangka layang2x tsbt, Kita harus memperhatikan kerapihan Rautan bambu,untuk bentangan sayap,karena di sinilah keseimbangan layang-layang itu ada, adapun untuk Ekornya (BUYUNG)bisa di buat dengan bentuk apapun sesuai keinginan kita.

        Hapus
    4. oke saya mau coba buat sendiri nanya nih pakai bambu jenis apa yang oke

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk bambu ga usah neko-neko, cari yang lurus,dari jenis bambu apapun jangan trlalu tua dan jangan terlalu muda yang sedang saja, tebal bambu 5-10 mm,di raut jangan terlalu lemas dan jangan juga tegang.

        Hapus
    5. thank info nya ..

      mau lagsung praktek :D

      BalasHapus
    6. Bang, kalo mengikat tali kama nya gimana tuh, kok gak di kasih tau letaknya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. masalah tali kan udah ada tata letaknya di gambar, untuk tali kama di ikat membentuk sgitiga sama kaki posisi tepat di atas Gunungan kana kiri membentuk segitiga sama kaki.

        Hapus
    7. aku nyerah kang g tau iso maboooOORR
      http://sintacahturi.mywapblog.com

      BalasHapus
    8. ini d daerah serang banten ya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul.... Sok Jalan- jalan di Serang Pasti Banyak Klo lagi Musim

        Hapus
    9. gan kalau beli bisa ga ?
      untuk ukuran 2 m kira-kira brp ? niat ni gan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa saja Beli Tapi bawanya yang repot, di sini kita jual standar harga 100 rban, bisa kurang bisa lebih, tergantung besar kecil dan axesoris yang di pasang.

        Hapus
    10. boleh di cobatuh seru tuh keliatannya

      BalasHapus
    11. nah sekarang sudah musim layang lyang di riau !buat satu ah.

      BalasHapus

    Komentar Saran dan Dukungan

    Macam dan bentuk Goangan

    Bebagai motif dan corak layang-layang Goangan